26 Desember 2009


Mabruk, orderan gW hari ini gak habis. Pasaran merosot. Customer sepi. Sore hari selepas mondar-mandir sana-sini, gW cabut ke flatnya Ust. Doni, nyetor hasil jualan kemaren yang nyisa setengah stok.

Rupanya malem hari ada Haflah Hijriyah di flat Marjuan. Nyate ayam bumbu padang. Buju bunengggg, tadinya mo balik ke humz. gW urungin ampe
clambakenya selesai.

Di sana gW jumpai tamu-tamu terhormat, seperti Al-Hafiz bin Saiful Fata. Tulangku Ahmad Dahlan, Muslim Amansyah ma yang laennya. Partynya kecil-kecilan. Cuma orang-orang tertentu yang diundang.

Sebetulnya gW gak diundang dalam party itu (Wedeh, rupanya?). gW slonong boy aja. Kali-kali “Tatofful”. Lagian keberadaan gW di party gak bakal jadi problem ama “Sohibul Hajat”, malah bisa jadi simbiosis mutualisme (menurut pengakuan sang Tufaili). Niat awalnya pengen ketemu si Wahyudi (temen satu flat Marjuan). Dah lama gW gak guyon ma Wahyudi si Raja Iseng.

Sambil nyantap lontong sate, kite-kite pada ngobrol ngalor-ngidul. Sekitar jam 10, tamu undangan pada balik. gW iseng masuk kamarnya Wahyudi (selanjutnya dipanggil Si Ngkong). Sementara Si Ngkong, sedang asyik main di toilet. gW liat-liat pustakanya si Ngkong. Kutubut-Tis`ah bertengger di sisi kiri rak, "Lisanul Arob" Ibnu Manzhur menclok di kanan bawah. Iri gW ngeliatnya. Mestinya gW yang miara ntuh buku. Betapa nggak, tuh diktionari penting banget buat intelektualisasi gW.

gW noleh ke "Majmu`atul Fatawa"nya Ibnu Taymiah yang ikut ngelengkapin pustakanya Si Ngkong. Tiba-tiba gW hanyut ngebayangin Ibnu Taymiah sang maniak buku dari negeri Haran. Nih tokoh, Neo Kortexnya dahsyat abis. Hapalannya kuat. Kerjaannya dari kecil beli buku, dibaca sambil dihapal. Habis hapal, tuh buku dijual lagi. Beli lagi buku tema baru. Dibaca lagi, dihapal lagi, dijual lagi. Baca, hapal, jual. Gitu….. terus. Mau gak dibilang hebat gimana coba, buku fatwanya aja ada 20 jilid. Belum lagi karya-karyanya di bidang Aqidah, Tauhid, Tafsir, Hadits, Fiqh? Doartzzz… meledak kayak Boom.

gW lirik buku "Muqaddimah" Ibnu Khaldun. Pikiran gW melayang lagi. Walaupun ekspedisi Ibnu Khaldun tak sedahsyat Ibnu Batutah, namun pengetahuan beliau tentang sejarah dunia diakui para sejarawan dunia. Ia tahu sosiologi, sejarah filsafat, ekonomi politik, antropologi dan budaya bangsa-bangsa yang ada di dunia. Melalui gaya bahasa penulisan yang rileks (menggunakan kata ganti orang pertama; aku) dalam karya monumentalnya "Al-`Ibar", Ibnu Khaldun bilang, tak ada di suatu kampung di belahan dunia manapun yang tak terdapat di dalamnya tempat ritual kepercayaan. Apapun jenis kepercayaan itu, baik agama samawi maupun Animisme dan Dinamisme. Jika di suatu tempat, kampung, desa atau kota tak terdapat didalamnya tempat belajar (sekolah), rumah beratap, sumur, sungai, hutan, hewan ternak dll, itu ada, sering ditemukan dan dijumpai.
Allah sendiri yang naro insting spiritual bagi manusia mukallaf (baligh berakal). Hal ini bisa dicek pada seabrek interpretasi QS. 30:30. Bahkan, Ruh sendiri sudah dibekali kesanggupan transenden semenjak diciptakan (QS. 7:172)

Si Ngkong dah selesai urusan ma toilet. Dia nyamperin gW sambil nutup pintu kamar. gW ngobrol santai ma Si Ngkong. Topik kita malam itu “Planing Masa Depan” trus nyerempet-nyerempet ke Urgensi Riset Ilmiyah.
***

Wadowww, dah jam 12.30 aja. balik?… jangan?…, balik?… jangan?… yahhh nyangkut juga gW di rumah si Wahkyut. Pengennya sih cabut, cuman dah terlalu malem. Gara-gara keasyiakn ngobrol. Nginep jadinya.

Tuan rumah pada nyusup ke kamarnya masing-masing. Sementara gW dibiarin bebas di ruang tamu. Mendingan tidur aja. Tapi kagak ada selimut. Widihhh dari pada tidur kedinginan, mendingan nonton TV. Dinginnya gak bakalan kerasa.

Ngantuk gak bisa dibendung. Akhirnya gW tumbang. Sementara TV nyala terus. Malam semakin larut. Tasbih jangkrik semakin nyaring. Kokok ayam pun mulai terngiang mengingatkan manusia bahwa fajar dalam waktu kira-kita 2 jam kedepan akan tiba. Ini event dahsyat bagi para curhater yang siap menumpahkan air mata i’tirafnya. Mengadu sikap yang telah dilaku dan akan dikerja. Sepertiga malam terakhir. Ya.. itu dia. Sebuah singkat waktu yang bisa menjamin keluhan, hajat, unjak-unjuk (bukan unjuk gigi tentunya) dipenuhi oleh Sang Pencipta.

Marjuan terbangun. gW masih tidur ayam alias tidur semi. Marjuan melihat saya menggigil kedinginan. Dia embat selimut kain ihrom di kamarnya, lalu dilemparkannya ke tubuh gW. gW ngerasa anget walau kain ihrom lapuk itu berukuran 1x2 meter. Cukup untuk membuat tidur nyenyak.

Ibtihalat mengaba-ngaba munculnya fajar. Adzan pun mengalun saling bersahut. Dan…. Saatnya menyingkap selimut.


Label:

posted by Kepinding @03.58 // 0 souls being nibbled


Home Page



WELCOME
to
BiLik Kepinding
_About_
  • Blog
  • Me
  • My Name
  • Sotoy Mode On
  • Ada Apa Dengan Sareupna
  • Dialektika Luqman
  • Hujan Dalam Al-Qur'an
  • Ketika Sastra Berpolitik
  • Korelasi Politik & Tasawuf
  • Positif Thinking
  • Memaknai Kata "Rokok"
  • Rupa Allah
  • Silaturahmi, Menyoal Etimologi
  • Sanggar Sastra
  • Tahun Kesedihan
  • Tentang Hari
  • Tentang Setan
  • Acak adut
  • Bangkit Itu...
  • Buta Politik
  • Gayus Tambunan
  • KTP Tanpa Kolom Agama
  • Malaikat Yang Gelisah
  • Manisnya Negeriku
  • Menciptakan Teroris
  • Model Manusia Ala Syafi'i
  • Mother Nature
  • Teko
  • Pemulung Sampah
  • Sesal Mahatma Gandhi
  • Pernyataan Sikap MUI Terkait Pemblokiran Situs Islam Online
  • Sahal Mahfudz
  • Terima kasih Malaysia
  • Qana'ah Aku
  • Angin Goeroen
  • Abu Nawas di DPD
  • Asparagus Vs Molokhia
  • Curi-curi Pandang
  • Domba = Embek
  • Feminin But Maskulin
  • Gembel Loba Bacot
  • Keroncongan
  • Maafkan Aku Tuhan!
  • Ninja Egypt
  • Paranormal St. Farouk
  • Perang Nyok !!
  • Reboisasi Tai Kebo
  • Sate Hijriyah
  • Tadabburrr
  • Ya Ahma... 3x
  • Ngigau DotKom
  • Aku Naluri
  • Aribieku
  • Berhentilah, Pak Tua
  • Berkasih
  • Bertarung
  • Biarkan Aku
  • Caliphate Itu
  • Globe Esok
  • Goblok Anakmu, Ibu
  • Intifadhah
  • Jas Apa?
  • Kelas Tambahan
  • Kudeta atau
  • Lelap
  • Madrasah Masa Depan
  • Malam Qadar
  • Mayday
  • Mendebur
  • Emansipasi
  • Menggeledah
  • Menghidu
  • Merasai
  • Monolog Sepi
  • Mumpung
  • Nomadic Chronicle
  • Pak Kumis
  • Paul et Verginie
  • Ramlah
  • Rongsok Senja
  • Sang Najmah
  • Sapu Lidi
  • Setak-setik
  • Terjegal
  • Terseret
  • The Stool Pigeon
  • Titip Peluk
  • Trotoar
  • Gemuruh
  • Aahh... 2020/1442
  • Bercakap Bersama Rabi'ah
  • Celoteh Demokrasi
  • Dialog Diri
  • Gigit Koruptor !!
  • Jalan Raya Kehidupan
  • Layar Listrik
  • Memaknai Rakyat
  • Menciptakan Teroris
  • Menikmati Demokrasi
  • Mrs. Suzanne
  • Prinsip Hidup
  • Polarisasi Media
  • Racau Terminal
  • Seragam SD
  • Surat untuk Pak Alwi
  • Teruntuk Adik
  • _Memoar_
  • Nurdin Bucek
  • Three Musketeers
  • Tragedi Jalan DAM
  • Ummu Alif
  • Galeri Koleksi
  • Dimana Pun Berada, Aku Akan Shalat
  • Inikah Kode Etik Perang Itu?
  • Kamar Bujang Goeroen
  • Perestroika
  • Tank Revolusi 25 Januari
  • Apa Kata Mereka Tentang Saya?
  • Kata Syahrul Fakhri
  • Kata Ramadhan El-Syirbuny