7 Maret 2010



Paruh kedua bulan Februari kemaren, gW gak bisa keluyuran di Mahatta tuk ngupdate majalah syahriyah, fashliyah ‘n buku-buku serial panutan. Pada awal Maret, gW ada sedikit koin simpanan sisa-sisa kembalian jajan. Dijumlah-jamleh, semuanya 12 pound. Lumayan, beli satu atau dua buah, bisa lah.

Sweeping pertama, tentunya ke overhang Mama Nuba. Sebuah emperan favorit milik ibu separuh baya berskin hitam manis layaknya orang Mesir Selatan, tepatnya kampung Nuba provinsi Aswan. Tapi Mama ini bukan orang Nuba -menurut pangakuan beliau setelah gW tanya dulu-, melainkan orang Zagazig asli. Ah, bodo amat, yang penting gW juluki “Mama Nuba” tuh ibu. Doha Magazine edisi Februari adalah
target utama gW, sekalian edisi Maret, kalau dah turun.

Nyampe di tempat, tuh majalah lom ada juga. Padahal gW ngidam banget. gW ngarep-ngarep yang Edisi Februari. Entah kenapa, tumben kagak muncul. Kata si Mama Nuba Majalah terbitan Qatar tuh memang gak turun dari distributor cabang Sharkeianya. Yo weisss lah, lirik-lirik buku yang laen.

Al-Qur’ân wa Azmah Al-Tadabbur (Al-Qur'an dan Krisis Kontemplasi). Beuhhh, keren nih judul buku. Sepertinya gW harus ngembat.

bi kam hadza ya mama?”

’asyrah junaih yabni

akhudz hadza ya mama

Di tramco, gW sedikit buka-buka. Ada sub judul “Limadza At-Tadabbur?” Kalimat kohesif itu menyuruh gW mengetahui alasan kenapa musti tadabbur. Penulis (Muhammad As-Sa`id Musytahari) naro argumen-argumen prinsipil tentang itu, diantaranya:

Afalâ yatadabbarûna al-qur’ân, am `alâ qulûbihim aqfâluhâ” (QS. 47:24)

gW teringat, perasaan kalimat diatas punya jihat linguistik yang khas. Sesampai di flat, gW ngobrak-ngabrik buku-buku balaghah, dari diktat level 1, 2 dan 3 hingga turats, mu’ashirah ‘n jurnal linguistik. gW nemu istilah “ta’arudh”. Kata ini bermakna “tantangan” dengan tujuan ta’yin ikhtiyari atau menentukan satu diantara dua pilihan. Sebuah kalimat yang bergejala ta’arudh bisa diketahui melalui salah satu 3 partikel; aw, am ‘n illâ, dengan syarat partikel tersebut bukan konteks ‘athf (partikel tendensius).

Seperti misal diatas, objek ditantang untuk memilih, “mau jadi orang lapang dada, atau Loe kepengen disebut orang yang hatinya terkunci?” kesimpulannya, kalau hati gak mau terkunci, Loe musti mentadabburi Al-Qur’an!”

Ta’arudh ini kebagi dua jenis, ada jaliy (eksplisit) ‘n dhimniy (implisit). Contoh yang jaliy, diantaranya:

- ‘Isy karîman aw mut syahîdan

- Qul khairan, aw liyashmut

Uslûb kalimat di atas nyuruh khitab memilih antara dua tantangan. Contoh pertama, “hidup mulia!, atau mati sebagai syahid!” Yang kedua, “Loe kalo mau ngebacot yang bener! kalo kagak bisa, mending diem aja!”. Hehe… ghitu lah kurang lebih.

‘n yang dhimniy, seperti:

- Wal-‘Ashr, inna al-insâna lafî khusr, illa al-ladzîna âmanû wa ‘amilu al-shâlihâti wa tawâshaw bi al-haq wa tawâshau bi al-shabr (QS. 103)

- Yâ Ayyuha al-ladzîna âmanû Qû Anfusakum wa ahlîkum nârâ ….. (QS. 66:6)

Jelasnya, contoh pertama nantangin khitab, “mau jadi orang rugi, apa ogah?” detailnya kayak gini, “kalau ogah jadi orang merugi, Loe kudu berusaha iman, ngelakuin amalan positif ‘n saling menasehati sesama tentang kebenaran ‘n kesabaran”. Dan, indikasi ta’arudh contoh ini adalah partikel “illa

Contoh kedua, nantangin khitab, “mau jadi orang beriman ato nggak?” rinciannya, “kalau mau jadi orang beriman, Loe harus berusaha jaga diri sendiri juga orang-orang sekitar dari laku-lampah yang bisa ngejerumusin ke Neraka.” Sampel yang ini gak ada indikasi partikel, tapi hanya nyiratin ta’arudh.

Adapun letak perbedaan antara si jaliy dan si dhimniy bisa Loe lihat pada simplifikan kalimat. Si jaliy biasanya gak neko-neko, sedangkan kalimat si dhimniy rada suka nguber-nguber. Pokoknya, Loe simpulin sendiri dah dari contoh-contoh yang ada!

gW inget pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di bangku putih-biru, ada yang namanya “Antitesis”. Ya, Antitesis. Contohnya seperti:

“Merdeka! Atau Mati”

“Bergerak! Atau tergantikan”

Loh, loh, loh… kok malah ngebahas ta’arudh ce-es antitesis? Bukannya gW lagi ngomongin tadabbur? Ok coy, lanjut. Tadabbur punya etimologi tafaqquh, dirâsah ‘n ittikhâd, juga punya beberapa sinonim, diantaranya: tafakkur, ta’ammul ‘n tadzakkur. Lalu, apa gunanya gW ngomong semua ini? Heheh.. intinya, gW beli buku Al-Qur’ân wa Azmah Al-Tadabbur ini tak lain dan tak bukan supaya ngukuhin urgensi aktivitas rutin 2 jam dalam seminggu gW yang bernama jilsah yang didalemnya wajib didahului tadabbur AL-Qur’an, juga agar hati gW tetap statis ‘n terhindar dari krisis kontemplasi Al-Qur’an.

Tadabbur Al-Qur’an ini gak hanya di forum jilsah doank. gW ikut-ikutan acara lainnya dalam bingkai tarbiyah seperti liqa’ât, mukhayyam, mabît, tadrîb, i’dâd, bahkan rihlah. gW kepincut ama acara-acara kayak gituan sejak ngampus di Bandung. Bukan apa-apa, gW ngerasa ada atsar spiritual, cieeehhh. Betapa tidak, kawan, dalam moment jilsah, gW dituntut berlatih retorika, mengasah talenta, melatih emosional ‘n belajar disiplin. Jilsah juga sebagai lahan untuk melejitkan potensi, saling mengingatkan sesama ‘n sebuah ladang untuk publikasi intelektual. Ini hanya sarana, bukankah “mâ lâ yatimmu al-wâjibu illâ bihî fahuwa wâjib”? (~!@#$%^&*). 'n masih banyak lagi lingkaran tadabbur Al-Qur’an dengan format yang bervarian di muka bumi ini. Sepertinya, sampai di sini dulu cerita jejak harian gW. And sorry dorry morry, I like strawberry.
--------------

ini dia Mama Nuba penjual koran, jurnal, buku serial overhang pasar terminal Zagazig:





Label:

posted by Kepinding @23.30 // 0 souls being nibbled


Home Page



WELCOME
to
BiLik Kepinding
_About_
  • Blog
  • Me
  • My Name
  • Sotoy Mode On
  • Ada Apa Dengan Sareupna
  • Dialektika Luqman
  • Hujan Dalam Al-Qur'an
  • Ketika Sastra Berpolitik
  • Korelasi Politik & Tasawuf
  • Positif Thinking
  • Memaknai Kata "Rokok"
  • Rupa Allah
  • Silaturahmi, Menyoal Etimologi
  • Sanggar Sastra
  • Tahun Kesedihan
  • Tentang Hari
  • Tentang Setan
  • Acak adut
  • Bangkit Itu...
  • Buta Politik
  • Gayus Tambunan
  • KTP Tanpa Kolom Agama
  • Malaikat Yang Gelisah
  • Manisnya Negeriku
  • Menciptakan Teroris
  • Model Manusia Ala Syafi'i
  • Mother Nature
  • Teko
  • Pemulung Sampah
  • Sesal Mahatma Gandhi
  • Pernyataan Sikap MUI Terkait Pemblokiran Situs Islam Online
  • Sahal Mahfudz
  • Terima kasih Malaysia
  • Qana'ah Aku
  • Angin Goeroen
  • Abu Nawas di DPD
  • Asparagus Vs Molokhia
  • Curi-curi Pandang
  • Domba = Embek
  • Feminin But Maskulin
  • Gembel Loba Bacot
  • Keroncongan
  • Maafkan Aku Tuhan!
  • Ninja Egypt
  • Paranormal St. Farouk
  • Perang Nyok !!
  • Reboisasi Tai Kebo
  • Sate Hijriyah
  • Tadabburrr
  • Ya Ahma... 3x
  • Ngigau DotKom
  • Aku Naluri
  • Aribieku
  • Berhentilah, Pak Tua
  • Berkasih
  • Bertarung
  • Biarkan Aku
  • Caliphate Itu
  • Globe Esok
  • Goblok Anakmu, Ibu
  • Intifadhah
  • Jas Apa?
  • Kelas Tambahan
  • Kudeta atau
  • Lelap
  • Madrasah Masa Depan
  • Malam Qadar
  • Mayday
  • Mendebur
  • Emansipasi
  • Menggeledah
  • Menghidu
  • Merasai
  • Monolog Sepi
  • Mumpung
  • Nomadic Chronicle
  • Pak Kumis
  • Paul et Verginie
  • Ramlah
  • Rongsok Senja
  • Sang Najmah
  • Sapu Lidi
  • Setak-setik
  • Terjegal
  • Terseret
  • The Stool Pigeon
  • Titip Peluk
  • Trotoar
  • Gemuruh
  • Aahh... 2020/1442
  • Bercakap Bersama Rabi'ah
  • Celoteh Demokrasi
  • Dialog Diri
  • Gigit Koruptor !!
  • Jalan Raya Kehidupan
  • Layar Listrik
  • Memaknai Rakyat
  • Menciptakan Teroris
  • Menikmati Demokrasi
  • Mrs. Suzanne
  • Prinsip Hidup
  • Polarisasi Media
  • Racau Terminal
  • Seragam SD
  • Surat untuk Pak Alwi
  • Teruntuk Adik
  • _Memoar_
  • Nurdin Bucek
  • Three Musketeers
  • Tragedi Jalan DAM
  • Ummu Alif
  • Galeri Koleksi
  • Dimana Pun Berada, Aku Akan Shalat
  • Inikah Kode Etik Perang Itu?
  • Kamar Bujang Goeroen
  • Perestroika
  • Tank Revolusi 25 Januari
  • Apa Kata Mereka Tentang Saya?
  • Kata Syahrul Fakhri
  • Kata Ramadhan El-Syirbuny