7 Juli 2010

"Kemana aja baru kelihatan?" Tanya Mr. Romi (selanjutnya dipanggil si Cungkring) mengawali.

"Biasa," simpel gW.

"Udah enam hari saya kelayapan Cairo, Sheeba, Qoumea, lohh..." Sambung si Cungkring.

"Kagak nanya, wekss…. tumben Loe jadi gembel."

"Loe tu yang gembel."

"Emang, gW mah gembel dari dulu," sambil sedikit mendorong bahu si Cungkring, "daripada setengah-setengah kayak Loe mending jadi gembel seutuhnya."

Itu sedikit percakapan gW ama Raja Nahwu alias si Cungkring. Kagak ada niatan ngeledek Mr. Romi dengan panggilan yang macem-macem itu. Aturan mainnya: La yaskhar qoumun min qaumin ‘asa an yakunu khairan minhum (QS. 49: 11). Di satu waktu beliau dipanggil Mr. Sibaweih sang ikon gramatika arab konvensional, di waktu yang lain, gW manggil beliau dengan nama aslinya; Warom. Gak ngapa mau manggil apa juga, yang penting orang yang dipanggil gak merasa dihina dan yang manggil gak lepas dari niat yang bener. Kaidah yang dipegang: "muthlaqul-lafzhi fi niyatil-lafiizh"

Ngemeng-ngemeng soal gembel nih, gW punya kaidah analogis, “ibtila'ukum bil-majnun khairun min ibtilaikum binishfi al-majnun." Atau yang sejenisnya “ibtilaukum bil-jahli khairun min ibtilaikum binishfi al-jahl.” Mengingat ulang kaidah ini, selalunya mengingatkan sosok kawan lama gW di Sakan Ma'had Al-Imarat bernama Rudi. Haduh Rudi, kemana Loe, Rud? Gak ada kontak, gak ada angin, moga Loe sehat dan sukses disana, Bro !! Tapi kaidah diatas dibantah oleh Mr. Uus alias Syarif Abdul-Jalil Al-Syirbuni. Beliau bilang: “ya bagus kalo udah setengah jahl tinggal dilanjutkan diasah, insya Allah nishf al-jahlnya berubah,” dengan gaya bicara slow but sure sekaligus dialek cirebon yang melekat lanjutnya, “lagian sepertinya kaidah yang Loe bilang gak mutlak. Ada konsep tholabul-'ilm yang menjadi acuan guna melejitkan intelektualitas seseorang." Wah, tau deh, jiwa kritis Mr. Uus emang top. Betapa tidak, beliau paling demen ngurusin Ushul-Fiqh. Ampun dah gW.

Kembali ke kaidah ibtilaukum, etc. bisa ditarik kongklusi analogis, yaitu, dari pada jadi setengah gembel mending jadi gembel sejati. Tapi kalo ngeliat apologi Mr. Uus, kaidah itu mansukh alias kagak bisa berlaku, soalnya bagaimanapun level atau strata gembel bisa disembuhkan. Intinya, jangan harap jadi gembel, mau setengahnya kek, mau seutuhnya kek, yang jelas posisi gembel bisa dirubah. Tentunya signifikansi perubahan akan bombastis jika motivasi internal dan eksternal menyatu, serupa menyatunya dua insan yang berbeda dalam satu ikatan, sebentuk konsep wihadtul-wujudnya Al-Hallaj, seumpama teosofi menunggaling kawula gustinya Syeikh Siti jenar. Aih.. aih.. aihh.. kok kesini ngawurnya.

***

"Hei gembel"
Nah, ini sapaan biasa dari teman-teman dekat. Panggilan ini biasanya dilontarkan oleh orang keren se-Zagazig. Siapa coba? siapa lagi kalo bukan Ekta Yudha Perdana. Beliau teman satu kampus, satu jurusan, satu tingkat dan satu tongkrongan. gW jarang bertemu beliau, coz equivalensi aktifitas antara gW dan beliau emang jauh. Beliau seorang organisatoris, sedangkan gW seorang komporis. Ha..ha.. istilah baru, mudah-mudahan Loe pade ngerti dah !! gW juga sebetulnya organisatoris di tahun-tahun sebelumnya (rada agul dikit).

Lagi-lagi tentang gembel, si Yudha (panggilan gW buat Ekta Yudha Perdana) pernah ngomong: "Loe tuh emang gembel sejati, teman-teman pada kesulitan nyariin Loe. Suatu anugerah besar orang-orang bisa nemuin ente saat ente dibutuhkan. Tapi pas teman-teman kurang butuh ama Loe, ehh, Loe malah nongol."

Ya, itu semua bukan disengaja. Secara kebetulan aja mengalir dengan sendirinya. gW ngerasa bersalah banget kalo teman-teman jengkel gara-gara kesulitan nyari wujud gW. Pernah Ketua DPD periode XII (Sekitar th. 2007) suatu hari nyariin gW. Waktu itu gW belum punya 'kontak genggam'. Sebagaimana ma'ruf, teman-teman kalo nyari gW biasanya nelponin salah satu penghuni flat yang ada. Malangnya beliau kurang beruntung menemukan eksistensi gW. Sampe-sampe pulsa pribadinya habis Le. 10. Ehh, rupanya gW nongol dari flat 2 di apartement markas mahasiswa Indo-Zagazig. Dikirain Pak Ketu, gW ada di luar apartement. Pas ketemu, tuh beliau geleng-geleng kepala gitu. Wajar, waktu itu gW kagak punya flat, jadinya ngegembel, nginap sana nginap sini.

Pencarian Pak Ketu periode XII ini agak mendingan dibanding Pak Ketu periode XIV (sekarang). Beliau pernah ngabisin pulsa Le. 30 buat nelponin orang-orang nyari Vacum Cleaner yang gW colong. Haha. Sebetulnya hitungan materi-materi tersebut biasa-biasa saja dibanding kekesalan mereka berjuang mencari keberadaan gW. Yang jelas, gW minta sori buat mereka-mereka yang kesal gara-gara repot nyari gW. Sikap peduli mereka wajib gW hormati dan teladani.

Kadang teman-teman nemuin gW lewat update status atau on line di list friends FB. Mereka kebingungan sendiri merhatiin gW yang tiba-tiba nongol di cyber. Entah onlen dimana kagak ada yang tahu. Biasanya mereka nanya: "dimana Loe, gembel? atau "Gembel, posisi dimana?"

Tentang status gembel yang berhasil gW sandang hampir 4 tahun ini, tentunya gW bertanya-tanya sendiri. Sampai kapan ngegembel? Apa enaknya hidup menggembel? Tanya kenapaaaaaaaaaaaa !!








_____
NB: Note ini dirampungkan di Link Internet Café Zagazig sambil nonton rubu' niha'i ka's al-'alam 2010; Almania-Asbania.

Label:

posted by Kepinding @23.56 // 0 souls being nibbled


Home Page



WELCOME
to
BiLik Kepinding
_About_
  • Blog
  • Me
  • My Name
  • Sotoy Mode On
  • Ada Apa Dengan Sareupna
  • Dialektika Luqman
  • Hujan Dalam Al-Qur'an
  • Ketika Sastra Berpolitik
  • Korelasi Politik & Tasawuf
  • Positif Thinking
  • Memaknai Kata "Rokok"
  • Rupa Allah
  • Silaturahmi, Menyoal Etimologi
  • Sanggar Sastra
  • Tahun Kesedihan
  • Tentang Hari
  • Tentang Setan
  • Acak adut
  • Bangkit Itu...
  • Buta Politik
  • Gayus Tambunan
  • KTP Tanpa Kolom Agama
  • Malaikat Yang Gelisah
  • Manisnya Negeriku
  • Menciptakan Teroris
  • Model Manusia Ala Syafi'i
  • Mother Nature
  • Teko
  • Pemulung Sampah
  • Sesal Mahatma Gandhi
  • Pernyataan Sikap MUI Terkait Pemblokiran Situs Islam Online
  • Sahal Mahfudz
  • Terima kasih Malaysia
  • Qana'ah Aku
  • Angin Goeroen
  • Abu Nawas di DPD
  • Asparagus Vs Molokhia
  • Curi-curi Pandang
  • Domba = Embek
  • Feminin But Maskulin
  • Gembel Loba Bacot
  • Keroncongan
  • Maafkan Aku Tuhan!
  • Ninja Egypt
  • Paranormal St. Farouk
  • Perang Nyok !!
  • Reboisasi Tai Kebo
  • Sate Hijriyah
  • Tadabburrr
  • Ya Ahma... 3x
  • Ngigau DotKom
  • Aku Naluri
  • Aribieku
  • Berhentilah, Pak Tua
  • Berkasih
  • Bertarung
  • Biarkan Aku
  • Caliphate Itu
  • Globe Esok
  • Goblok Anakmu, Ibu
  • Intifadhah
  • Jas Apa?
  • Kelas Tambahan
  • Kudeta atau
  • Lelap
  • Madrasah Masa Depan
  • Malam Qadar
  • Mayday
  • Mendebur
  • Emansipasi
  • Menggeledah
  • Menghidu
  • Merasai
  • Monolog Sepi
  • Mumpung
  • Nomadic Chronicle
  • Pak Kumis
  • Paul et Verginie
  • Ramlah
  • Rongsok Senja
  • Sang Najmah
  • Sapu Lidi
  • Setak-setik
  • Terjegal
  • Terseret
  • The Stool Pigeon
  • Titip Peluk
  • Trotoar
  • Gemuruh
  • Aahh... 2020/1442
  • Bercakap Bersama Rabi'ah
  • Celoteh Demokrasi
  • Dialog Diri
  • Gigit Koruptor !!
  • Jalan Raya Kehidupan
  • Layar Listrik
  • Memaknai Rakyat
  • Menciptakan Teroris
  • Menikmati Demokrasi
  • Mrs. Suzanne
  • Prinsip Hidup
  • Polarisasi Media
  • Racau Terminal
  • Seragam SD
  • Surat untuk Pak Alwi
  • Teruntuk Adik
  • _Memoar_
  • Nurdin Bucek
  • Three Musketeers
  • Tragedi Jalan DAM
  • Ummu Alif
  • Galeri Koleksi
  • Dimana Pun Berada, Aku Akan Shalat
  • Inikah Kode Etik Perang Itu?
  • Kamar Bujang Goeroen
  • Perestroika
  • Tank Revolusi 25 Januari
  • Apa Kata Mereka Tentang Saya?
  • Kata Syahrul Fakhri
  • Kata Ramadhan El-Syirbuny